Home » » Tifatul: Jika Suara Imbang, PKS Utamakan Perempuan

Tifatul: Jika Suara Imbang, PKS Utamakan Perempuan

Written By tonitok on Selasa | 22:49


Menurut Tifatul, Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus berhati-hati menerapkan afirmasi keterwakilan perempuan dalam Pemilihan Legislatif 2009 ini. Kalau melawan hukum, KPU rawan digugat.


Jakarta - Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang suara terbanyak membuat zipper system (1 perempuan di antara 3 calon anggota legislatif) tidak berfungsi. Namun Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan mengutamakan caleg perempuan jika suara yang didapatkan berimbang.

"Jadi apabila ada dua suara sama laki-laki dan perempuan, itu kan tidak jelas di situ. Jadi kalau ada laki-laki dan perempuan skornya sama dalam perolehan suara kita akan mengutamakan perempuan," ujar Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tifatul Sembiring.

Tifatul menyampaikan hal itu di Gedung Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (5/2/2009) malam.

Mengenai pandangan untuk kepemimpinan perempuan, menurut Tifatul partainya sejak dulu selalu mengedepankan aspirasi perempuan. Dia mengatakan sudah sejak Pemilihan Umum (Pemilu) 2004, PKS menempatkan 30 persen lebih caleg perempuan, tepatnya 39 persen.
"Selain itu juga karena perempuan harus mengaspirasikan kepentingan-kepentingan perempuan yang terkadang laki-laki tidak berpikir ke soal itu," jelas dia.

Menurut Tifatul, Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus berhati-hati menerapkan afirmasi keterwakilan perempuan dalam Pemilihan Legislatif 2009 ini. Kalau melawan hukum, KPU rawan digugat.

"Kalau kita ingin meningkatkan keterwakilan perempuan di parlemen maka kita harus melakukan cara-cara yang memang tidak bertentangan dengan hukum," tutur Tifatul. ( nov / nwk )

Sumber: DetikCom
Pengirim: MHN
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS BANJARSARI GAJAH DEMAK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger